Madik ELIND

Materi ELIN.B

GERBANG LOGIKA DASAR & ALJABAR BOOLEAN

A.     Gerbang Logika Dasar

Gerbang-gerbang dasar logika merupakan elemen rangkaian digital dan rangkaian digital merupakan kesatuan dari gerbang-gerbang logika dasar yang membentuk fungsi pemrosesan sinyal digital. Gerbang dasar logika terdiri dari 3 gerbang utama, yaitu AND Gate, OR Gate, dan NOT Gate. Gerbang lainnya seperti NAND Gate, NOR Gate, EX-OR Gate dan EX-NOR Gate merupakan kombinasi dari 3 gerbang logika utama tersebut.

 

 

 

2.1 AND Gate

Gerbang AND merupakan salah satu gerbang logika dasar yang memiliki 2 buah saluran masukan (input) atau lebih dan sebuah saluran keluaran (output). Suatu gerbang AND akan menghasilkan sebuah keluaran biner tergantung dari kondisi masukan dan fungsinya. Prinsip kerja dari gerbang AND adalah kondisi keluaran (output) akan berlogic 1 bila semua saluran masukan (input) berlogic 1. Selain itu output akan berlogic 0. Simbol gerbang logika AND 2 input :

 

dengan persamaan output logika  fungsi AND adalah F = A.B (dibaca F = A AND B).

Tabel kebenaran:

input Output
A B F
0 0 0
0 1 0
1 0 0
1 1 1

 

 

2.2 OR Gate

Gerbang OR merupakan salah satu gerbang logika dasar yang memiliki 2 buah saluran masukan (input) atau lebih dan sebuah saluran keluaran (output). Berapapun jumlah saluran masukan yang dimiliki oleh sebuah gerbang OR, maka tetap memiliki prinsip kerja yang sama dimana kondisi keluarannya akan berlogic 1 bila salah satu atau semua saluran masukannya berlogic 1. Selain itu output berlogic 0.

Simbol gerbang logika OR 2 input :

 

dengan persamaan output logika fungsi OR adalah F = A+B (dibaca F = A OR B).

Tabel kebenaran:

input Output
A B F
0 0 0
0 1 1
1 0 1
1 1 1

 

2.3 NOT Gate

Gerbang NOT sering disebut dengan gerbang inverter. Gerbang ini merupakan gerbang logika yang paling mudah diingat. Gerbang NOT memiliki 1 buah saluran masukan (input) dan 1 buah saluran keluaran (output). Gerbang NOT akan selalu menghasilkan nilai logika yang berlawanan dengan kondisi logika pada saluran masukannya. Bila pada saluran masukannya berlogic 1 maka pada saluran keluarannya akan berlogic 0 dan sebaliknya.

 

Simbol gerbang logika NOT :

 

 

Dengan persamaan output logika adalah F =   (dibaca: F sama dengan A bar) atau

F = A’ (dibaca: F sama dengan A aksen)

Tabel kebenaran:

Input Output
A F
0 1
1 0

 

 

2.4 NAND Gate

Gerbang NAND merupakan kombinasi dari gerbang AND dengan gerbang NOT dimana keluaran gerbang AND dihubungkan ke saluran masukan dari gerbang NOT. Karena keluaran dari gerbang AND di”NOT”kan maka prinsip kerja dari gerbang NAND merupakan kebalikan dari gerbang AND. Outputnya merupakan komplemen atau kebalikan dari gerbang AND, yakni memberikan keadaan level logic 0 pada outputnya jika dan hanya jika keadaan semua inputnya berlogika 1.

Simbol gerbang logika NAND 2 input :

 

 

Persamaan output logika NAND Gate adalah F =

Tabel kebenaran NAND Gate:

Input Output
A B F
0 0 1
0 1 1
1 0 1
1 1 0

 

2.5 NOR Gate

Sama halnya dengan NAND Gate, gerbang NOR merupakan kombinasi dari gerbang OR dengan gerbang NOT dimana keluaran gerbang OR dihubungkan ke saluran masukan dari gerbang NOT. Karena keluaran dari gerbang OR di”NOT”kan maka prinsip kerja dari gerbang NOR merupakan kebalikan dari gerbang OR. Outputnya merupakan komplemen atau kebalikan dari gerbang OR, yakni memberikan keadaan level logic 0 pada outputnya jika salah satu atau lebih inputnya berlogika 1.

Simbol gerbang logika NOR 2 input :

 

 

 

dengan persamaan output logikanya adalah F =

Tabel kebenarannya adalah:

Input Output
A B F
0 0 1
0 1 0
1 0 0
1 1 0

 

2.6 EX-OR Gate  (Exclussive OR Gate)

EX-OR singkatan dari Exclusive OR dimana jika input berlogic sama maka output akan berlogic 0 dan sebaliknya jika input berlogic  beda maka output akan berlogic 1.

Simbol gerbang logika EX-OR 2 input :

 

Persamaan out put logikanya adalah F = A + B

Tabel kebenarannya adalah :

Input Output
A B F
0 0 0
0 1 1
1 0 1
1 1 0

2.7 EX-NOR

EX-NOR gate adalah kebalikan dari EX-OR gate dimana jika input berlogic sama maka output akan berlogic 1 dan sebaliknya jika input berlogic beda maka output akan berlogic 0.

Simbol gerbang logika EX-NOR 2 input :

 

 

Persamaan output logikanya adalah F = F = A + B

Tabel kebenarannya adalah :

Input Output
A B F
0 0 1
0 1 0
1 0 0
1 1 1

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: