Kesehatan

1. Kurangi konsumsi makanan-makanan berkadar lemak tinggi.

2. Kurangi asupan kolesterol hingga kurang dari 200 miligram per hari, dengan mengurangi dan menghindari makanan-makanan berkolesterol tinggi.

3. Batasi asupan lemak hingga 25 sampai 35 persen dari total kalori yang masuk per hari.

4. Hindari konsumsi makanan cepat saji berlebihan.

5. Kulitilah ayam dan ikan sebelum dikonsumsi. Pilihlah daging tak berlemak untuk dikonsumsi dalamjumlah terbatas.

6. Olahlah ikan, ayam, atau daging dengan cara dipanggang atau direbus. Gunakan juga minyak sesedikit mungkin setiap kali mengolah makanan.

7. Gunakan produk rendah lemak, seperti susu skim atau yogur tanpa lemak.

8. Korelasi frekuensi makan dan kolesterol. Menurut suatu peneliatian, yang dilakukan seorang ilmuwan di Institute of Public Health Cambridge University, Inggris, juga menemukan adanya hubungan antara frekuensi makan dalam satu hari dengan kadar kolesterol darah. Menurut penelitian yang melibatkan 14.000 responden wanita/pria usia 45/75 tahun itu, kadisi ini juga berkaitan dengan berkurangnya risiko PJK 10-21%.

9. Pemilihan jenis makanan rendah kolesterol. Berbagai makanan tinggi kolesterol umumnya memang terasa nikmat di lidah. Namun, bila mengingat akibat yang ditimbulkan, sudah saatnya Anda mulai mencari alternatif makanan pengganti yang lebih baik, misalnya:

a) Daripada Kentang Goreng, lebih baik Kentang rebus dan sayur-sayuran;
b) Daripada Cokelat, lebih baik permen karet bebas gula (sugar free);
c) Daripada Gulai ikan, ayam goreng serta rendang, lebih baik ikan atau ayam bakar tanpa kulit;
d) Daripada Roti Tawar beroles mentega/selai kacang, lebih baik Roti tawar berpoles selai buah tanpa mentega;
e) Daripada Buah Kaleng, lebih baik buah-buahan segar;
f) Daripada Minuman ringan yang dikemas dalam kaleng dan es campur, lebih baik Teh atau jus apel;
g) Daripada Puding susu dengan saus vanila, lebih baik puding tanpa susu dgn saus buah;
h) Daripada Susu atau Ice Cream, lebih baik Yogurt atau susu non lemak/susu kedelai;
i) Daripada Kue, biskuit dan makanan manis, lebih baik pisang atau ubi rebus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: