SMK Ditargetkan Buat 10 Ribu Unit Mobnas

JAKARTA — Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Depdiknas dan mitra industri pada tahun 2010 menargetkan memproduksi dan menjual 10 ribu unit mobil. Depdiknas saat ini sedang melakukan negosiasi dengan beberapa pihak industri yang menawarkan diri untuk bergabung memproduksi mobil nasional (mobnas).

”Ini perlu waktu, karena harus mendapat izin dari Departemen Perindustrian dan pemda-pemda setempat,” ujar Sekretaris Jenderal Depdiknas, Dodi Nandika, usai mengikuti Rally Sepeda Sehat dalam rangka peringatan Hardiknas 2009 di gedung Depdiknas, Ahad(24/5).

Mengenai keuntungannya dari penjualan mobil dengan pihak industri, bukan SMK yang nanti memegang uangnya tetapi mitra kerja industri. SMK hanya bandrol usaha. ”Kerjasama ini saling menguntungkan, siswa SMK bisa magang, di industri dan bekerja, juga dapat bayaran, sedangkan industrinya dapat tenaga terampil dan relatif murah,” jelasnya.

Lebih jauh Dodi menyatakan, Depdiknas saat ini sedang negosiasi dengan beberapa pihak industri yang menawarkan diri. Ia memperkirakan, butuh waktu satu tahun untuk uji kelayakan, lokasi produksi, dan lain-lain. ”Mudah-mudahan tahun 2010 sudah mulai ada perusahaan industrinya,” tegasnya.

Di sisi lain, Dodi, menyatakan, anggaran tahunan dari industri untuk promosi mobil dari Depdiknas relatif kecil sekitar 0,2 persen. Menurut dia, anggaran iklan terdapat dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK dan pameran kreasi siswa SMK ke-17/2009. ”Anggaran itu relatif kecil dibanding anggaran untuk industri kita yang akan bergolak di masa datang,” cetusnya.

Dodi menambahkan, melalui LKS SMK, Depdiknas ingin memberi info bahwa siswa SMK sudah berhasil membuat mobil yang diprediksi hanya berharga Rp 75juta. Mobil-mobil yang dirakit itu mirip dengan Nissan Grand Livina, ada yang 7 sheet dan ada juga yang 4 sheet. Adapula yang mampu membuat mobil mini bus, bak terbuka, double cabin. ”Bila sudah ada partner industri kita tinggal beli alat, lalu bisa menjualnya,” jelasnya. – eye/ahi

About bangsoy

Hidup Untuk berkarya

Posted on 27 Mei 2009, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: