DVD / VCD sebagai Media Alternatif dalam Presentasi

Pernahkah anda kesulitan ingin mempresentasikan makalah, materi, atau produk anda dengan powerpoint karena tidak ada komputer / notebook ? Mungkin anda telah bersusah payah membuat bahan presentasi dengan powerpoint, tetapi tidak bisa ditampilkan karena tidak ada komputer / notebook atau infocus / proyektor.

Untuk dapat menampilkan bahan presentasi dengan powerpoint, minimal membutuhkan komputer / notebook, dan infocus. Keduanya mutlak dan sangat jarang disediakan ditempat kerja, kantor, atau sekolah. Hal ini disebabkan oleh karena masih mahalnya hardware tersebut. Tetapi TV dan VCD / DVD player lebih sering kita jumpai ditempat-tempat kerja, kantor atau sekolah. Sekarang, pernahkah terpikirkan untuk mempresentasikan pada sebuah TV dengan VCD / DVD player ?

Merubah presentasi powerpoint menjadi VCD / DVD bisa dilakukan dengan salah satu trik berikut ini, namun perlu diketahui semua trik – trik ini memiliki kekurangan dan kelebihan jadi pilih yang sesuai dengan kemampuan anda :

Pertama, dengan bantuan VCR / Camera Video. Trik yang ini tentu memerlukan modal yang sangat besar, memang kualitas bagus. Anda cukup mengarahkan camera tersebut tepat pada monitor dan menghubungkan kabel audio dengan line out dari speaker agar kualitas suara lebih baik, kemudian diedit dan dikonvert menjadi DVD / VCD.

Kedua, menggunakan software screen recording seperti Camtasia Studio dari TechSmith, cara ini lebih hemat dari cara yang pertama. Software ini merekam semua aktivitas yang ditampilkan pada layar monitor, gerakan cursor mouse hingga sound effect. Caranya cukup mudah seperti menggunakan trik kamera video. Anda dapat mendownload sofware ini versi trial-nya pada http://www.techsmith.com/download/ studiofreetrial1.asp. Setelah itu hasil rekamannya diedit dan dikovert menjadi DVD / VCD dengan sofware pembakar seperti Nero.

Ketiga, menampilkan dalam bentuk VCD / Picture Slide Show. Bentuknya hanya sebatas menampilkan gambar-gambar, seperti presentasi dengan slide proyektor. Keuntungannya pemprosesannya sederhana, mudah, cepat dan gratis. Kekurangan trik ini adalah animasi dan suara yang anda dibuat pada powerpoint hilang, tidak ada efek-efek animasi yang ditampilkan, serta suara – suara efek animasi pun hilang,.

Cara trik ini sebagai berikut:

1.Buka file powerpoint (.PPT, .PPS, dll) yang ingin anda inginkan.

2.Kemudian simpan file tersebut dalam format pictures (.BMP, .JPG, .TIFF, .GIF, .PNG, atau .WMF). Dengan cara klik File à Save As à pilih Save as type dengan salah satu format picture, misalnya .BMP. tekan Enter atau klik Save. (sebaiknya disimpan dalam satu folder baru, misal Image)

3.pilih Every Slide untuk menyimpan semua slide dalam format .BMP.

4.kemudian akan muncul informasi dimana slide-slide tersebut telah disimpan. Klik OK atau tekan Enter.

5.Buat file-file tersebut menjadi VCD dengan software pembakar seperti Nero Burning ROM.

6.

buat New Compilation à Video CD à klik New. Drag file- file bmp tadi ke vcd compilation. .Kemudian klik Burning Compilation à Burn.

Pada trik ini sebaiknya menggunakan format .TIFF atau .BMP agar kualitas gambar baik tanpa kompresi, dan lagi pula nantinya akan disimpan pada media CD yang kapasitasnya cukup besar (650MB), kira-kira dapat memuat 300 slide.Dengan demikian sebenarnya bisa dibuat format DVD pada keping CD agar kualitasnya lebih tajam, tidak buram.

Trik ini pun bisa diberikan sound effect atau music pengiring, setelah langkah 4 dilakukan langsung gambar-gambar tersebut diedit dengan Windows Movie Maker. Import (Crtl+I) gambar-gambar slide tadi serta sound effect koleksi anda. dan drag silde secara berurutan ke kotak-kotak StoryBoard dibawah. Kemudian rubah storyboard menjadi timeline dengan menekan icon timeline pada pojok kiri atas dari storyboard. Lalu drag file sound effect pada bar bagian suara (dibawah timeline), atau bisa juga anda rekam suara anda untuk menjelaskan silde tersebut dangan menekan icon mic. Atur waktu tayang tiap slide, sesuaikan dengan suara atau narasi anda. Setelah selesai simapan dalam format video dengan mengklik Save Movie (Ctrl+M), pilih High Quality, atau other dan pilih DV-AVI NTSC. Buat dan konver dalam VCD dengan software pembakar seperti langkah 6.

Keempat, dengan bantuan Software PowerPoint to DVD. Trik yang keempat ini sangat mudah namun mahal, memang kualitas bagus dan proses cepat. Ada beberapa software yang kita bisa cari dengan search engine dan di download versi trialnya. Salah satunya PowerPoint DVD Maker Ver1.5. Bisa anda download freetrialnya pada http://www.topshareware.com/PowerPoint-DVD-Maker-download-14502.htm, software ini bersifat shareware, harganya $149 atau Rp1.415.500,- bila kurs dolar Rp 9500,-. Dan selain itu memerlukan hardware DVDRW. Mudah dalam pengoperasiannya karena anda cukup mengikuti dalam 3 langkah mudah, dokumen powerpoint anda sudah jadi dalam bentuk DVD. Langkah pertama masukkan file-file dokumen PowerPoint (.Ptt), kedua membuat main menu hanya dengan memilih template yang telah disediakan, dan terakhir pilih DVDRW serta klik tombol Make DVD. Cukup mudah bukan? .

Dari ke empat cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi sebaikkanya pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda. Semoga tulisan ini bisa menjadi solusi lain dalam prsentasi dan selamat mencoba!

Penulis : Irfan Qadarusman,skg

About bangsoy

Hidup Untuk berkarya

Posted on 24 Februari 2009, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: