Menjadikan Modem di PDA O2

.fullpost{display:inline;}

Berinternet di PDA tentu sangat menggembirakan, terutama bagi orang yang memiliki mobilitas tinggi. Sebagai contoh dapat kita gambarkan jika didalam perjalanan kita membutuhkan koneksi ke internet, maka anda bisa melakukannya dengan menggunakan PDA melalui koneksi GPRS. Tapi terkadang kita tidak merasa puas dengan terbatasnya tampilan yang tersedia di PDA yang cenderung kecil. Terkadang anda berpikir, apakah bisa koneksi GPRS di PDA tersebut bisa disharing ke Laptop ataupun ke PC? Dengan kata lain PDA tersebut dijadikan modem? Sehingga kita dapat leluasa berinternet di Laptop dengan koneksi GPRS. Untuk itulah di PDA O2 tersedia fasilitas Wireless Modem. Fasilitas ini memungkinkan PDA anda dijadikan modem dengan mengunakan koneksi GPRS.

Baiklah, langkah pertama untuk menjadikan PDA anda sebagai modem tentunya anda harus mempunyai Simcard yang sudah aktif GPRSnya dan mensetting GPRS di PDA anda. Cara mensetting GPRS di PDA anda sendiri, dapat dilihat disini. Langkah berikutnya, anda harus menonaktifkan koneksi ActiveSync di Laptop/PC anda. Caranya, masuk program ActiveSync di Laptop / PC anda, pilih file –> Connection Settings –> hilangkan tanda centang pada menu “Allow USB connections” dan “Allow connections to one of the following”, lalu tutup program ActiveSync anda. Setelah itu kita beralih pada PDA anda, klik menu Start –> Program –> Wireless Modem. Pada pilihan Connection type pilih USB, kemudian klik Start.

Selanjutnya hubungkan kabel data dari Laptop ke PDA anda, dan laptop akan mendeteksi PDA anda sebagai modem, setelah itu laptop/PC akan meminta anda menginstall driver modem tersebut. Anda bisa mendapatkan driver modem tersebut pada CD yang terdapat pada paket penjualan PDA anda, atau jika CDnya hilang anda bisa mencari di internet ( Search Engine ) dengan kata kunci “USB Modem Dialer”. Sebagai catatan, jangan menghubungkan kabel data anda ke PDA sebelum mengklik Start pada Wireless Modem karena Laptop/PC anda tidak akan mendeteksi modem PDA anda.

Setelah instalasi driver modem selesai di Laptop/PC anda, selanjutnya kita akan membuat koneksi dialer di Laptop/PC anda. Berikut langkahnya :
1. Klik Start –> Setting –> Control Panel –> Network Connections
2. Pilih Create a new connection –> Next
3. Network Connection Type –> pilih “Connect to the Internet” –> Next
4. Getting ready –> pilih “Set up the connection manualy” –> Next
5. Internet Connection –> Connect using dial up modem –> Next
6. ISP Name –> Isi dengan Access Point Name ( APN ) operator anda
7. Phone Number –> isi dengan *99# lalu Next
8. Pada Internet Account Information, Username dan Password isi dengan Username dan Password koneksi GPRS operator anda. Paramater dari APN, Username dan Password dari operator yang ada di Indonesia, bisa anda lihat disini.
9. Hilangkan tanda centang “Make this default Internet Connection” jika anda tidak menginginginkan koneksi yang sedang anda bikin ini menjadi koneksi default di komputer anda. ( Recommended )

10. Next dan Klik Finish

Setelah itu anda tinggal melakukan dial-up menggunakan koneksi yang baru ana bikin di Laptop / PC anda untuk mengakses internet.

About bangsoy

Hidup Untuk berkarya

Posted on 9 Juli 2008, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: